Sempat Pesimis, Mayga dan Azhira raih Juara Harapan 2 Ecolympic 2023

Lagi-lagi siswi SMA Negeri 2 Ponorogo berhasil menyabet juara dalam ajang perlombaan di bidang ekonomi. Siapa sih mereka? Mereka adalah Mayga Riang dari kelas XII IPS 2 dan Azhira Fitria dari kelas XII MIPA 5. Tim yang terdiri dari dua orang ini berhasil meraih Juara Harapan 2 Ecolympic 2023 yang diselenggarakan oleh HIMA D4 Perbankan dan Keuangan Universitas Airlangga.

Babak semifinal dan final perlombaan ini diadakan secara offline pada tanggal 30 Juli 2023 di Unair. Selain itu, tim ini juga berhasil menjadi 4th Runner Up Olimpiade Ekonomi Unair 20th  yang diselenggarakan oleh HIMA S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga pada tanggal 6-7 Oktober 2023.

Untuk mencapai hasil yang memuaskan ini, tentunya mereka melakukan persiapan yang matang. Mereka mengikuti bimbingan OSN atau Olimpiade Sains Nasional mulai dari kelas 10. Tentu tidak sekedar cukup, mereka saat H-1 minggu lomba juga mengebut materi untuk perlombaan. Usaha tidak pernah mengkhianati hasil, beruntungnya mereka berhasil membawa pulang dari kedua ajang lomba tersebut.

Mereka sempat pesimis kalau tidak akan menang, karena Olimpiade Ekonomi itu salah satu ajang bergengsi apalagi yang menyelenggarakan Unair. “Buat masuk semifinal aja aku ga yakin kalo lolos. Terus yang ikut OE itu anak OSN semua, temenku banyak yang ikut jadi menurutku rivalnya agak susah. Nah OE ini apalagi babaknya kan panjang banget terutama yang grandfinal itu study case presentation. Kalo Ecolympic aku ngerasa ada potensi menang soalnya yg ikut cuma dikit,” seru Mayga Riang.

“Kalau mau ikut lomba terus pengen menang harus mau effort lebih buat belajar, harus bisa manage waktu antara belajar buat rapot sama buat lomba, sama buat main jangan lupa hehe. Terus harus tau dulu rivalnya kayak apa biar bisa tau lahh potensi kita bisa berhasil seberapa. Pokoknya gaboleh males-malesan belajar dan latihan soal. Dan kalo misalnya sekali nyoba belum berhasil, gaboleh nyerah! Malah harusnya dijadiin bahan evaluasi biar kedepannya gak ngulangin kesalahan yang sama.”*

oleh Novia Nur Hasanah – XI-7 / Smada 43